Dengan Segala Respek ke Jerman, Sanchez Yakin Chile Juara Piala Konfederasi

Dengan Segala Respek ke Jerman, Sanchez Yakin Chile Juara Piala Konfederasi
Alexis Sanchez dan Arturo Vidal. Foto: AFP

jpnn.com, ST PETERSBURG - Dua tahun lalu, di Copa America, tidak ada yang menjagokan Chile menjadi juara meski berstatus tuan rumah. Namun Arturo Vidal, Alexis Sanchez, Claudio Bravo dan Gary Medel berdiri bersama mengukir kejutan di Santiago. Mereka membekuk Argentina yang notebene lebih difavoritkan juara.

Empat pemain tersebut kembali berdiri bersama dengan panji La Roja – julukan Chile – tahun lalu, di ajang dan lawan yang sama. Tepatnya di Copa America Centenario.

Nah, Senin (3/7) dini hari nanti WIB di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, mereka tetap berdiri bersama melawan juara dunia 2014 Jerman pada final Piala Konfederasi 2017 (Siaran Langsung RTV pukul 01.00 WIB).

Pertanyaannya, bisakah kali ini mereka kembali mengangkat trofi pada tahun ketiganya beruntun? ''Kami bukan favorit, jika kami difavoritkan, lebih baik kami tidak ke sini. Tapi kami punya mentalitas, dengan segala respek ke Jerman, kami punya mental keluar dari tekanan, lalu memenanginya,'' kata Sanchez, dikutip AS.

Bukan hanya jadi trofi Piala Konfederasi pertama di edisi pertama berpartisipasi, mampu mengalahkan Jerman berarti jadi torehan ketiga Chile di tiga major tournament beruntun. Ditarik ke belakang, cuma ada tiga negara yang bisa juara tiga kali atau lebih secara beruntun. Tiga tim tersebut di antaranya Brasil, Argentina, dan Prancis.

Seperti apa yang disebut media-media di Chile, tres, yang artinya tiga. Itu yang kini sudah ada dalam bayangan Chile. Bahkan, Sanchez tak mempedulikan kutukan juara Piala Konfederasi yang susah juara di Piala Dunia. ''Kini kami ingin jadi juara, dan semoga bisa kembali ke Rusia tahun depan lalu bertarung untuk jadi juara,'' klaimnya.

Kecuali Medel dan Bravo, Sanchez dan Vidal selalu menjadi kekuatan Chile dalam empat laga sejak fase grup. Saat ditahan Jerman 1-1 pada laga fase grup di Kazan (23/6), cuma Bravo yang absen. Namun dari situ sudah bisa diketahui kunci Juan Antonio Pizzi sebagai entrenador Chile bagaimana caranya menekuk Die Mannschaft, julukan Jerman.

Chile perlu mengulangi dominasi penguasaan bola atas Jerman yang notebene tim dengan ball possession terbaik di Piala Konfederasi. Begitu pula dengan pressure tinggi dan kecerdikan Chile dalam mereduksi pemain Jerman membuat peluang. Hanya, mereka harus lebih bagus lagi, terutama dalam manajemen fisiknya yang malah anjlok di babak kedua.

Dua tahun lalu, di Copa America, tidak ada yang menjagokan Chile menjadi juara meski berstatus tuan rumah. Namun Arturo Vidal, Alexis Sanchez, Claudio

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News