Desa Energi Berdikari di Ogan Ilir Manfaatkan Sinar Matahari untuk Pertanian Ramah Lingkungan

Desa Energi Berdikari di Ogan Ilir Manfaatkan Sinar Matahari untuk Pertanian Ramah Lingkungan
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui program Desa Energi Berdikari memanfaatkan energi terbarukan dari sinar matahari untuk mendukung pertanian ramah lingkungan. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, OGAN ILIR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel subholding PT Pertamina (Persero) mewujudkan solusi inovatif dalam upaya meningkatkan keberlanjutan pertanian lokal di Desa Pulau Semambu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Hal itu dilakukan melalui program Desa Energi Berdikari (DEB) dengan pemanfaatan Energi Terbarukan dari sinar matahari yang mendukung pertanian ramah lingkungan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan program DEB menjadi bukti nyata kontribusi Pertamina menggerakkan dan memberdayakan masyarakat melalui penggunaan energi terbarukan.

“Penggunaan energi terbarukan dari sinar matahari di desa ini tidak hanya sebatas untuk penerangan, namun kebutuhan yang lebih besar, seperti pengoperasian pompa air yang penting dalam bercocok tanam,” kata Nikho.

Nikho menyampaikan petani di Desa Pulau Semambu saat ini masih mengandalkan sumur bor sebagai sumber air utama dalam aktivitas pertanian mereka.

"Melalui panel surya dengan teknologi battery lithium sebagai penyimpan energi, nantinya akan mampu memproduksi 8.442 kWh per tahun," terang Nikho.

Menurut Nickho, hal ini menjadi gambaran tentang bagaimana energi terbarukan dapat menggerakkan pertanian yang lebih berkelanjutan dan efisien.

Lebih lanjut Nickho menyampaikan penggunaan energi surya tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga mendorong pertanian yang lebih ramah lingkungan sehingga mampu mengurangi emisi karbon.

Pertamina melalui program Desa Energi Berdikari memanfaatkan energi terbarukan dari sinar matahari untuk mendukung pertanian ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News