Desainer Muda Indonesia jadi Pemenang Asia Young Designer Awards 2020

Desainer Muda Indonesia jadi Pemenang Asia Young Designer Awards 2020
Greta Elsa Nurtjahja dari Indonesia menjadi pemenang utama kategori Desain Interior dalam ajang Asia Young Designer Awards 2020. Foto dok Nippon

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 26 mahasiswa/i Arsitektur dan Desain Interior dari 15 negara telah mempresentasikan karya terbaiknya melalui ajang kompetisi Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit yang ke-13 dengan tema Forward: A Sustainable Future.

Para dewan juri AYDA Summit menobatkan Greta Elsa Nurtjahja dari Indonesia sebagai pemenang utama kategori Desain Interior dan Lin Honghan dari Tiongkok sebagai pemenang utama kategori Arsitektur.

Kedua pemenang utama ini mendapatkan beasiswa senilai USD 10.000 di Harvard Graduate School of Design di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Chief Executive Officer (CEO) Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, Jon Tan berharap kompetisi tahun ini memotivasi para desainer muda untuk menciptakan konsep desain berkelanjutan, yang bisa menjawab berbagai tantangan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami bangga atas pencapaian Greta Elsa Nurtjahja dari Universitas Pelita Harapan yang menjadi warga negara Indonesia pertama memenangkan Asia Young Designer of  The Year di ajang International AYDA Summit 2020, sekaligus meraih beasiswa di Harvard University Graduate School of Design (GSD) di Boston. Greta berhasil menunjukkan kekuatan karakter dan budaya Indonesia yang luar biasa,” ujar Jon Tan.

Greta dengan karyanya berjudul “Rumah Kopi – A Communal House of Coffee” menampilkan perspektif manusia yang memiliki naluri alami untuk dekat dengan alam.

Rumah Kopi mengusung peran dari arsitektur vernacular yang memerlukan proses kontinu dengan mengadaptasi perilaku, kebiasaan, dan budaya setempat.

“Rumah Kopi terinspirasi dari rumah penduduk setempat di Kampung Buni Kasih, Jawa Barat. Rumah Kopi dirancang dengan mengadaptasi unsur ‘kelokalan’, rumah tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk dengan tetap menghormati kepercayaan, kebudayaan, sejarah, alam serta bagaimana melestarikan esensinya,” jelas Greta.

Pada Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit tahun ini, Indonesia diwakili oleh dua mahasiswa, untuk kategori Arsitektur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News