Detak Kehidupan dari Balik Tenda Biru, Sukarelawan Kemensos Siapkan Ribuan Makanan Siap Saji di Masa Kedaruratan

Detak Kehidupan dari Balik Tenda Biru, Sukarelawan Kemensos Siapkan Ribuan Makanan Siap Saji di Masa Kedaruratan
Sukarelawan Kemensos membagikan makanan siap saji kepada petugas di masa kedaruratan. Foto: Humas Kemenso RI

jpnn.com, JAKARTA - Enam mobil dapur umum lapangan terparkir di samping tenda besar membentuk huruf L bercat biru.

Terpatri aksara ‘KEMENTERIAN SOSIAL.” Gagah dan mencolok dengan warna putih di atas warna biru.

Di dalam tenda inilah, jantung kehidupan berdetak. Dari tenda ini diracik aneka menu makanan siap saji, dan telur matang.

Bantuan makanan ini dinantikan oleh para petugas yang karena dedikasinya, mereka harus fokus pada tugas. Oleh karena itu, perlu dibantu agar tugas melayani masyarakat di masa kedaruratan, tetap berjalan optimal.

Sebagai dapur umum, di dalam tenda ini tersedia bermacam peralatan pendukung. Ada wajan dan dandang berukuran jumbo serta kompor gas. Di sana-sini, menjuntai selang bak belalai menghubungkan tabung gas elpiji dan kompor.

Waktu menunjukkan pukul 16.25 WIB para sukarelawan dari pilar-pilar sosial berbagi tugas. Tim memasak baru saja usai bertugas dan tim pendistribusian mulai mengirimkan ribuan nasi kotak dan telur ke berbagai tempat yang telah ditentukan.

Beragam peralatan memasak rehat sejenak. Proses memasak makanan baru saja berlalu.

Dari dapur umum di Jalan Arif Rahman Hakim nomor 131-133 di samping gedung Convention Hall Surabaya ini, bisa memproduksi antara 5.000-6.000-an kotak makanan siap saji, dan sekitar 300-an telur matang, setiap hari. Jelas ini bukan perkara mudah.

Selama pandemi Covid-19 pilar-pilar sosial dari Kemensos bergotong royong di lingkungan dan sejak 5 Juli membantu dapur umum.