Detektif Jubun Berbagi Tip dan Cara Aman Mencari Orang Hilang

Detektif Jubun Berbagi Tip dan Cara Aman Mencari Orang Hilang
Detektif Jubun. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Detektif Jubun berbagi tip dan cara aman mencari orang hilang dengan memanfaatkan internet.

Menurut dektektif swasta ini mencari orang sudah lama menghilang dengan yang baru memiliki perbedaan cara.

"Hal wajib yang perlu dilakukan pertama kali saat ingin menemukan orang yang terpisah lama adalah mencatat informasi pribadinya sebanyak mungkin," ujar detektif Jubun, dalam keterangannya, Selasa (17/10).

Informasi tersebut, seperti nama lengkap, panggilan, nomor HP terakhir yang bisa dihubungi, alamat email, tempat kerja, tempat sekolah atau kuliah, teman atau orang dekat.

Berbagai data yang berhasil dikumpulkan dapat jadi bahan utama untuk berselancar memanfaatkan fitur search di Google, Facebook, Instgram, X, TikTok, atau lainnya. 

"Misal Anda bisa ketikkan nama, nama panggilan, atau data-data tentangnya. Kadang ini berhasil, meski kadang ini membutuhkan penelusuran yang lebih advance,” jelasnya.

Selain itu, bisa juga dengan menanyakan orang yang dicari ke grup-grup yang berisi perkumpulan yang terkait dengan kehidupannya. Bisa cari di grup alumni sekolah, alumni kampus, atau grup tempat kerja.

Sementara itu, mencari orang yang baru hilang dalam hitungan hari atau minggu bisa memanfaatkan teknologi. Ada sejumlah aplikasi yang dapat membantu menemukan orang hilang dalam waktu singkat.

Detektif Jubun membagikan tip dan cara aman mencari orang hilang dengan memanfaatkan internet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News