Detik-detik Pelaku Gendam Minta Tukar Uang Nomor Seri JK

Detik-detik Pelaku Gendam Minta Tukar Uang Nomor Seri JK
Dua terduga pelaku gendam tertangkap CCTV saat melancarkan aksinya di UD Alfa Jalan Ahmad Yani, Mejayan, Madiun. Foto: R.RENDRA BAGUS/Radar Madiun

jpnn.com, MADIUN - Indrayanti, 21, karyawan UD Alfa di Jalan Ahmad Yani, Mejayan, Madiun, Jatim, menjadi korban hipnotis atau gendam yang pelakunya diduga menyaru pembeli.

Modus kejahatan yang terbilang baru di Kabupaten Madiun ini menyasar toko yang menyediakan tabung elpiji dan galon air mineral tersebut. ‘’Saya juga baru dua kali ini bertugas menjadi kasir,’’ kata Indrayanti seperti diberitakan Radar Madiun (Jawa Pos Group).

Terpantau CCTV, aksi gendam sekitar pukul 15.30 dilakukan dua pembeli berperawakan Timur Tengah dengan gaya perlente. Seorang pria berkemeja hitam lengan panjang bermotif bunga kecil dan berdasi. Sebelah kanannya, perempuan berhijab dengan pakaian terusan warna hitam. Aksi gendam itu hanya berlangsung sekitar lima menit.

Sang perempuan mengambil dua buah botol air mineral di kulkas lalu diserahkan ke Indrayanti. Transaksi pembayaran dilakukan pembeli pria dengan menyerahkan selembar Rp 20 ribu yang disambut kasir dengan menyerahkan kembaliannya.

Indrayanti tiba-tiba meninggalkan tempatnya. Dia kembali membawa kantong kresek hitam untuk wadah air mineral yang dibeli. Pelaku pria lantas mengeluarkan dua lembar uang Rp 50 ribu dari dompetnya dan diserahkan ke Indrayanti. Kemudian kasir mengeluarkan semua uang di dalam laci. ‘’Bapaknya minta tukar uang Rp 100 ribu tapi dengan nomor seri JK,’’ ujarnya kepada Radar Mejayan.

Namun, lanjut Indrayanti, tidak ada uang berseri JK dari lembaran duit ratusan ribu yang dikeluarkan. Pria itu lantas meminta untuk mencari yang lainnya. Permintaan itu dituruti dengan mengeluarkan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang tersimpan di laci bawah.

Ketika hendak mencari yang berseri JK, pelaku tiba-tiba mengulurkan tangan dan ikut memegang duit. Dalam situasi itu, dia memanggil Anggi, karyawan lain yang saat itu tengah menata kardus barang tidak jauh dari tempat kasir. ‘’Lho lho... kok uangnya dikeluarkan semua,’’ tutur Indrayanti menirukan ucapan Anggi saat itu.

Berdasar rekaman CCTV, sesaat sebelum Anggi datang, si pria terlihat melepas ikatan bendel uang yang dikeluarkan Indrayanti. Perempuan berhijab yang sebelumnya berada di sisi kanan, berpindah ke belakangnya. Gerak-geriknya seperti sedang menutupi pandangan Anggi terhadap aktivitas si pria.

Terduga gendam yang berperawakan Timur Tengah terekam CCTV saat beraksi di Mejayan, Madiun, beberapa hari lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News