Di Balik Pole MotoGP Italia dan Rekor Rossi di Mugello

Di Balik Pole MotoGP Italia dan Rekor Rossi di Mugello
Valentino Rossi. Foto: Gold and Goose

jpnn.com, MUGELLO - Pole position yang diraih Valentino Rossi pada sesi kualifikasi MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Sabtu (2/6) malam adalah sukses besar di saat terpuruknya performa Yamaha sepanjang musim 2018 ini.

Bukan hanya soal start dari posisi terdepan, The Doctor, julukan Rossi, resmi menjadi pemegang rekor lap di Sirkuit Mugello. Tak ada yang memprediksi bahwa Yamaha bisa tampil semoncer tadi malam di Mugello.

Bahkan Rossi sendiri tak menyangkanya. ''Kami merasa punya kecepatan untuk bisa merebut posisi start dari baris terdepan. Tapi ternyata bisa merebut pole position,'' terang pembalap 39 tahun tersebut.

Dua pembalap tercepat sepanjang sesi latihan bebas, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) mendominasi kualifikasi kedua (Q2) memperebutkan posisi start terdepan.

Iannone yang lebih awal mencuri pole sementara dengan catatan waktu satu menit 46,347 detik. Catatan itu menumbangkan rekor lap yang dipecahkan Marquez di latihan bebas ketiga (FP3) satu menit 46,439 detik.

Posisi Iannone tersebut bertahan sampai dua menit sebelum Q2 berakhir. Lalu di sisa waktu krusial tersebut Rossi melaju dengan catatan gemilang satu menit 46,208.

Raihan tersebut lebih cepat satu detik dari usaha pertamanya di Q2 yaitu satu menit 47,291 detik. Rossi lalu menajamkan catatan waktunya menjadi satu menit 46,998 detik di usahanya berikutnya.

Ini menjadi pole ke-55 Rossi di ajang MotoGP. Yang pertama sejak MotoGP Jepang 2016 silam. (cak)

Valentino Rossi sendiri tak menyangka bisa start paling depan di MotoGP Italia. Dia hanya memprediksi ada di baris depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News