Di Daerah Ini Harga Bensin per Liter Rp30 Ribu, Mi Instan Rp10 Ribu

Di Daerah Ini Harga Bensin per Liter Rp30 Ribu, Mi Instan Rp10 Ribu
Kondisi pengungsi gempa di Mamuju, Sulawesi Barat, mulai kesulitan bahan makanan dan air besih, sebagaimana diabadikan pada Sabtu (16/1/2021). Foto: ANTARA/M Faisal Hanapi

jpnn.com, MAMUJU - Harga bensin yang dijual pedagang eceran di Mamuju, Sulawesi Barat, setelah gempa berkekuatan 6,2 magnitudo naik menjadi Rp30.000 per liter.

"Bukan hanya harga bensin Rp30.000 per liter tetapi harga mi instan dijual dengan harga Rp10.000 per bungkus," kata Ashari, salah seorang warga di Mamuju, Sabtu (16/1).

Ia mengatakan, pada saat bencana gempa seperti ini seharusnya tidak boleh ada pihak mau mengambil karena masyarakat sedang menderita.

"Kenaikannya sampai 100 persen dari harga normal, itu sangat membebani, kalau harganya naik cuma 50 persen masih dianggap wajar," katanya.

Hal senada dikatakan Yuti. Masyarakat sedang kehilangan pencaharian akibat gempa namun dihadapkan pada persoalan sulitnya mendapatkan kebutuhan pokok.

"Kenaikan harga ini mesti menjadi tanggung jawab pemerintah, pengunsi saat ini mencapai ribuan, dari mana mereka dapat makan dan memenuhi kebutuhannya, kalau situasi ekonomi tidak terkendali dengan naiknya harga," katanya.

Ia berharap pemerintah dapat membantu warga di pengunsian karena itu menjadi harapan masyarakat yang kesulitan kebutuhan pokok.

Sementara itu korban gempa Mamuju terus bertambah menjadi 51 orang akibat tertimpa reruntuhan bangunan sementara di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, terdapat delapan orang.

Harga bensin yang dijual pedagang eceran di Mamuju, Sulawesi Barat, setelah gempa berkekuatan 6,2 magnitudo naik menjadi Rp30.000 per liter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News