Di Depan Donald Trump, Jokowi Bilang ASEAN Penting Buat AS

Di Depan Donald Trump, Jokowi Bilang ASEAN Penting Buat AS
Presiden Joko Widodo saat KTT ASEAN-AS di Manila. Foto: Biro Setpres

jpnn.com, MANILA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kemitraan strategis antara ASEAN dan Amerika Serikat (AS) bisa lebih memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia, baik di bidang politik, keamanan, hingga perekonomian.

Harapan tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri KTT Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-AS, yang digelar Senin (13/11) di Philippine International Convention Center (PICC), Manila.

"Buat ASEAN, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra penting. Saya yakin Amerika Serikat juga memandang penting ASEAN, baik dengan alasan politik, keamanan, maupun dalam kaitan dengan kerja sama ekonomi," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan bahwa ASEAN juga memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kawasan lain. Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil, dan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas pertumbuhan ekonomi dunia, maka ASEAN akan menjadi mitra strategis AS.

"Saya yakin Presiden Trump akan melihat kerja sama ekonomi dalam konteks yang lebih luas dengan hasil win-win cooperation," tambah mantan gubernur DKI Jakarta itu. (fat/jpnn)

Foto Biro Pers Setpres

 


Jokowi yakin dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas pertumbuhan ekonomi dunia, maka ASEAN akan menjadi mitra penting AS.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News