Di Hadapan Peserta Forum Internasional, Menteri AHY Usul Pembentukan Badan Air Nasional

Di Hadapan Peserta Forum Internasional, Menteri AHY Usul Pembentukan Badan Air Nasional
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan Badan Air Nasional. Foto: dok Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, BALI - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan Badan Air Nasional.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri AHY saat menjadi pembicara dalam Forum Internasional Pemerintahan Lokal dan Regional di rangkaian World Water Forum (WWF) 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024)

"Pemerintah pusat sebaiknya membuat badan dengan kewenangan dan kapasitas untuk mengintegrasikan dan menyinkronkan semua kebijakan, strategi, dan program terkait manajemen air," kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Menurut Ketua Umum Ketua Partai Demokrat Indonesia juga dapat belajar dari pengalaman negara lain yang telah memiliki lembaga serupa.

“Kita dapat belajar hal-hal baik yang sudah dikerjakan oleh negara-negara lain yang sudah memiliki lembaga serupa, seperti Kanada, Saudi Arabia, maupun Afrika Selatan pada awal tahun ini,” ungkapnya.

Dia menyebut Badan Air Nasional ini ditujukan untuk mengatasi ancaman genting terjadinya krisis air.

Badan ini harus tangkas dan adaptif untuk menangani luasnya isu-isu terkait manajemen air, terutama untuk mencegah dan memitigasi terjadinya krisis air.

"Badan ini harus mampu mengatasi problem utama birokrasi, yaitu ego sektoral dan benturan kepentingan antar pemangku kepentingan," tutur Menteri AHY.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan Badan Air Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News