Di Hadapan Ratusan Anak Buah, Irjen Iqbal Sebut Pangkat Itu Mudah, yang Sulit Berlaku Adil

Di Hadapan Ratusan Anak Buah, Irjen Iqbal Sebut Pangkat Itu Mudah, yang Sulit Berlaku Adil
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memimpin Upacara Koprs Kenaikan Pangkat digelar di halaman kantornya, Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, Jumat (1/7). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memimpin Upacara Koprs Kenaikan Pangkat digelar di halaman kantornya, Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, Jumat (1/7). Pada kesempatan itu, Iqbal memberikan amanat kepada jajarannya untuk bekerja dengan baik, diiringi dengan akhlak.

Sebanyak 749 personel mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Para personel penerima kenaikan pangkat, yakni 14 perwira menengah (Pamen), 21 perwira pertama (pama), 665 bintara, dan 22 tamtama.

Kenaikan pangkat periode 1 Juli 2022 ini, bertepatan dengan Hari Ke-76 Bhayangkara.

"Saya berpesan kepada kawan-kawan yang menerima kenaikan pangkat bahwa pangkat itu kualifikasi. Pangkat melambangkan kompetensi. Saya bagi dua, yakni kompetensi kinerja dan akhlak," kata Irjen Iqbal.

Mantan Kapolda NTB itu menilai kinerja harus lebih baik, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. "Dalam rangka pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum yang berkeadilan," imbuhnya.

Jenderal polisi bintang dua itu mencontohkan anggota Polri di bidang Reserse, maka selayaknya dia harus lebih menguasai peraturan perundang-undangan. Juga dapat melihat masalah dengan perspektif yang lebih luas, bukan hanya melakukan penegakan hukum tekstual.

"Kalau ada masyarakat mencuri sendal atau sebiji durian, masuk unsur, mengambil barang milik orang lain dengan sengaja. Tetapi dia harus lihat, karena dia sebagai polisi. Kenapa pelaku mengambil itu, oh, ternyata sangat terdesak, butuh makan, ingin menghidupi keluarga. Itulah polisi, berkeadilan," jelas dia.

Untuk petugas di bagian patroli, kata dia, ke depan harus lebih baik dan berinovasi. Petugas harus turun ke tengah-tengah masyarakat, memberikan sosialisasi dan imbauan.

Irjen Iqbal memberikan amanat kepada jajarannya untuk bekerja dengan baik, diiringi dengan akhlak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News