Di Majalengka, Ganjar Disambut Musik Genteng dan Ratusan Pemuda

Di Majalengka, Ganjar Disambut Musik Genteng dan Ratusan Pemuda
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo disambut instrumen musik dari genteng atau keramik secara massal di halaman Hotel Fieris Kecamatan Kertajati, Majalengka, Sabtu (23/12). Foto: Tim GP

jpnn.com, MAJALENGKA - Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo disambut instrumen musik dari genteng atau keramik secara massal di halaman Hotel Fieris Kecamatan Kertajati, Majalengka, Sabtu (23/12).

Ganjar juga disambut ratusan kaum milenial dan generasi Z Majalengka, Jawa Barat.

Suara ketukan ratusan genteng yang dipukul menggunakan stik drum mengiringi langkah Ganjar menuju panggung utama. Kemeriahan bertambah ketika politikus berambut putih itu juga memainkan musik genteng mengikuti irama.

Musik genteng yang diinisiasi seniman muda Majalengka yang tergabung dalam Jatiwangi Art Factory. Mereka sebenarnya sudah mendunia dengan gelaran Festival Musik Keramik yang diadakan tiap tiga tahun sekali.

Anggota Jatiwangi Art Factory Herlin Nabila mengatakan biasanya musik ini ditampilkan tiga tahun sekali dalam festival. Namun, kali ini disuguhkan kepada Ganjar secara spesial. Selain dari anggota, pertunjukan kali ini diikuti ratusan orang dan tampil spontan.

"Iya, ini spesial buat Pak Ganjar yang sudah datang ke Majalengka. Tadi ada sekitar 200-an genteng yang dimainkan," katanya.

Sebenarnya bukan hanya genteng dipukul, irama yang diciptakan juga menggunakan alat musik seperti bass, gendang dan gitar. Namun, alat-alat itu sudah dimodifikasi memakai bahan baku tanah seperti halnya genteng.

"Rasanya senang sekali dan menjadi kebanggaan bagi kami bisa tampil untuk Pak Ganjar juga ikut bermain. Ya, tadi ada lagu Doa Tanah," tuturnya.

Musik genteng yang diinisiasi seniman muda Majalengka yang tergabung dalam Jatiwangi Art Factory.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News