Di Merauke, Ganjar Janjikan Program 1 Desa, 1 Puskesmas, 1 Nakes

Di Merauke, Ganjar Janjikan Program 1 Desa, 1 Puskesmas, 1 Nakes
Capres 2024 Ganjar Pranowo memilih Merauke, Papua Selatan, sebagai tempat hari pertama kampanye pada Selasa (28/11). Foto: Tim GP

jpnn.com, MERAUKE - Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo meluncurkan salah satu programnya yaitu 'Satu Desa, Satu Puskesmas, dan Satu Tenaga Kesehatan'.

Ganjar meluncurkan program itu sekaligus memberikan secara simbolis bantuan peralatan kesehatan kepada Ketua Adat Wendu dan Matara Kamilus M, di Waninggap Nanggo, Distrik. Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11).

Ganjar mengatakan peluncuran program ini sebagai bentuk dari komitmennya untuk menjadikan kesehatan masyarakat sebagai salah satu faktor utama dalam mencapai Indonesia emas. Ganjar memiliki target, yakni setiap desa harus memiliki satu puskesmas yang dilengkapi dengan satu dokter.

"Akses kesehatan menjadi begitu penting, yang kami bayangkan satu kampung atau satu desa setidaknya ada satu puskesmas pembantu, fasilitas kesehatan dan dan satu nakes, syukur-syukur satu dokter," kata Ganjar dalam sambutannya.

Selain itu, Ganjar juga akan memperbaiki akses jalan agar masyarakat bisa menempuh mengakses kesehatan yang dibutuhkan. Ganjar menyatakan satu desa, satu puskesmas, dan satu tenaga kesehatan merupakan salah satu cara agar masyarakat bisa selalu sehat.

"Sistem transportasi dan konektivitas yang bisa membikin kemudahan ketika mereka berobat. Ini awal dari investasi besar agar masyarakat Indonesia menjadi sehat," tegasnya.

Selain itu, Ganjar juga akan menyiapkan akses pendidikan agar terciptanya SDM unggul yang nantinya bisa membawa masyarakat Papua lebih unggul dan sejahtera.

"Menyiapkan akses pendidikan agar kemudian mereka jauh lebih gampang lagi untuk mengembangkan lagi daerahnya karena dibekali ilmu pengetahuan yang cukup, dan kami harapakan mereka akan kembali kepada daerahnya, dan membangun daerahnya," paparnya.

Ganjar mengatakan peluncuran program ini sebagai bentuk dari komitmennya untuk menjadikan kesehatan masyarakat yang utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News