Di Sekolah Ini Disiapkan Keran Air yang Langsung Bisa Diminum Loh!

Di Sekolah Ini Disiapkan Keran Air yang Langsung Bisa Diminum Loh!
Di Sekolah Ini Disiapkan Keran Air yang Langsung Bisa Diminum Loh!. Foto Malang Post/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com MALANG – Jam istirahat berbunyi, Shafa Diva K, siswi kelas VII G SMPN 10 Malang, Jawa Timur bergegas menuju keran air yang ada di halaman sekolah.

Shafa mengisikan botol air minum yang dibawanya dengan air dari kran tersebut. Tak hanya Shafa, beberapa siswa yang lain juga melakukan hal yang sama.

“Sejak memanfaatkan air minum ini, saya jadi hemat uang jajan. Tidak perlu membeli air mineral botol di kantin,” ujar Shafa sembari mengatakan kalau ia sudah terbiasa membawa botol air minum dari rumah seperti yang dilansir Malang Post (Grup JPNN.com).

Keran air siap minum ini baru ada satu buah yang tersedia di sekolah. Meski demikian, siswa tak terganggu dan mau antre dengan tertib jika ingin mengambil air minum. Bagi Shafa, fasilitas ini sekaligus melatih mereka untuk terbiasa antre.

Istimewanya lagi, air yang dikonsumsi siswa ini bukan bersumber dari PDAM. Tapi berasal dari air sungai yang sudah diolah menggunakan alat bernama Chiller Foundtaintab.

Humas SMPN 10 Malang Suyono, mengatakan, sistem alat ini dengan memanfaatkan lingkungan air sungai yang sudah diuji beberapa tahapan proses penyaringan sampai menjadi air yang steril.

“Ada beberapa tahapan sterilisasi air siap minum yang harus melalui penyaringan lewat tandon penampungan, tapi proses ini masih belum steril 100 persen,” ungkap Suyono.

Di samping itu, alat air siap minum (Chiller Foundtaintab) sudah menggunakan sistem komputerisasi yang bekerja untuk menyaring bakteri-bakteri yang terdapat di air, sehingga proses akhirnya air langsung bisa diminum tanpa dimasak.

JPNN.com MALANG – Jam istirahat berbunyi, Shafa Diva K, siswi kelas VII G SMPN 10 Malang, Jawa Timur bergegas menuju keran air yang ada di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News