Diakui PBB, Negara Palestina Gunakan Logo Baru

Diakui PBB, Negara Palestina Gunakan Logo Baru
Diakui PBB, Negara Palestina Gunakan Logo Baru
RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmud Abbas, 77, cepat menyikapi pengakuan PBB atas kedaulatan tanah airnya. Selasa (8/1), tokoh yang akrab disapa sebagai Abu Mazen itu menerbitkan dekrit tentang perubahan nama negerinya dari Otoritas Palestina menjadi Negara Palestina.

Bersamaan itu, diluncurkan logo baru. Bentuknya tidak jauh berbeda, yakni burung Elang Saladin. Logo Negara Palestina berupa bendera warna-warni (merah, hijau, putih, dan hitam) Pan-Arab dalam perisai yang dibawa burung elang. Hanya, pada logo lama (Otoritas Nasional Palestina) terdapat tulisan As-Sultah Al-Filastiniyyah dalam bahasa Arab di bagian bawah. Pada logo Negara Palestina, tulisan itu berubah menjadi Filistiniyyah.

Dalam keterangan resminya, Abbas menegaskan bahwa nama baru tersebut tidak akan tercantum dalam dokumen-dokumen resmi. Paspor atau kartu identitas milik warga Palestina tetap akan menggunakan nama lama. Abbas pun menempuh kebijakan itu demi menghindari konflik dengan Israel. Sebab, jika hendak bepergian, warga Palestina harus lebih dulu melewati perbatasan Israel dan menunjukkan kartu identitas mereka.

’’Pada akhirnya nanti, pemerintah (Palestina) tidak mau menciptakan masalah bagi rakyatnya,’’ tutur Nour Odeh, jubir Abbas.

RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmud Abbas, 77, cepat menyikapi pengakuan PBB atas kedaulatan tanah airnya. Selasa (8/1), tokoh yang akrab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News