Dian Sastro Antusias Tonton Ulang Drupadi

Dian Sastro Antusias Tonton Ulang Drupadi
Dian Sastrowardoyo saat nonton film Drupadi di Jakarta, Minggu (5/10). Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Beberapa tahun lalu Dian Sastrowardoyo (32), bermain dalam sebuah film berjudul Drupadi besutan Riri Reza. Film yamg diproduseri Mira Lesmana itu belum sempat diputar untuk umum. Kendalanya, World Hindu Youth Organization (WHYO) mengajukan kritik. Menurut mereka, film itu tidak sesuai dengan ajaran yang terdapat dalam Kitab Weda.

Meski belum dirilis secara resmi, Dian tidak putus asa. Penantiannya selama enam tahun terakhir tidak sia-sia. Sebab, sebentar lagi film berdurasi 45 menit itu diedarkan dalam bentuk DVD.

"Alhamdulillah, kita dapat kabar baik. Sudah ada pihak yang mau memproduksi film kita ini ke bentuk DVD. Insya Allah, sebentar lagi siap diedarkan. Sekitar Desember lah," ujar Dian dalam acara Nonton Yuk! Film Drupadi di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta, kemarin (5/10).

Dian sangat menikmati saat menonton film yang diproduksi pada 2008 itu. Bahkan, dia mengaku lebih antusias dan senang sekali bisa menonton film Drupadi sekarang daripada saat gala premier 2008. Dia mengatakan, ketika dahulu menonton film itu, dirinya merasa banyak sekali hal yang belum sesuai harapannya.

Film Drupadi mengungkap kisah Mahabharata. Sesuai judulnya, film itu lebih berfokus pada sosok Drupadi yang berani menyuarakan perasaannya.  Cerita dimulai saat Drupadi bertemu Arjuna dan menjadi istri salah satu Pandawa itu. Hingga akhirnya atas pengaruh Dewi Kunti, Drupadi menjadi istri Pandawa Lima.

Kemudian, cerita berlangsung hingga Drupadi dipermalukan Kurawa. Dia dilucuti para Kurawa karena kekalahan suaminya saat bertanding dadu.

"Ada ketakutan sampai kami belum memublikasikan film ini. Karena saat itu ada kontroversi tentang Drupadi yang poliandri. Eh, tapi sumpah ya, gue seneng banget nonton yang ini. Rasanya pengin nonton lagi," seru Dian bersemangat.

Dian mengaku sebagai penggila kisah Mahabharata karya R.A. Kosasih. Sejak kecil Dian sering membaca komik-komik karya penulis 1970-an itu. Dia mulai ingin membuat film tentang cerita Indonesia sejak bermain di film Putri Gunung Ledang produksi Malaysia.

JAKARTA - Beberapa tahun lalu Dian Sastrowardoyo (32), bermain dalam sebuah film berjudul Drupadi besutan Riri Reza. Film yamg diproduseri Mira Lesmana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News