Dibanding Khofifah dan Gibran, Prabowo Lebih Unggul Ketika Duet dengan Erick Thohir

Dibanding Khofifah dan Gibran, Prabowo Lebih Unggul Ketika Duet dengan Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah foto bareng Prabowo Subianto di akun @erickthohir di Instagram. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir disebut sebagai pilihan tepat untuk jadi pendamping capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu dikarenakan, elektabilitas Prabowo lebih unggul jika berpasangan dengan Erick Thohir dibanding ketika bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Saya coba simulasikan Prabowo berpasangan dengan Erick Thohir, Khofifah, dan Gibran. Ketika kita coba pasangkan melawan Ganjar - Mahfud MD dan Anies Cak Imin, terlihat Prabowo unggul dengan Erick Thohir," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dikutip dari kanal YouTube LSI, Kamis (19/10).

Terbukti dalam rilis survei LSI terbaru yang memperlihatkan elektabilitas Prabowo - Erick Thohir tertinggi dengan angka 38,0 persen mengalahkan kandidat lain.

Sementara dalam simulasi lainnya, jika Prabowo berpasangan dengan yang lain mengalami penurunan elektabilitas.

Misalnya saja, Prabowo dipasangkan dengan Khofifah masih tetap unggul hanya saja elektabilitas tersebut menurun menjadi 36,3 persen. Kedua tokoh ini berhasil mengalahkan Ganjar - Mahfud MD 33,0 persen, dan Anies - Cak Imin 33,4 persen.

"Prabowo masih cenderung unggul jika dipasangkan dengan Khofifah, hanya saja tipis dengan Ganjar yang tadinya 38.0 persen menjadi 36,3 persen," ujar Djayadi.

Selain itu juga ketika Prabowo dipasangkan dengan Gibran, elektabilitas Prabowo mengalami hal sama bahkan terus menurun ke angka 36.0 persen. Meski begitu kedua tokoh ini tetap unggul mengalahkan kandidat lain.

Elektabilitas Prabowo Subianto lebih tinggi ketika berpasangan dengan Erick Thohir ketimbang Khofifah dan Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News