Dicari, Relawan Pendamping TKI Bermasalah

Dicari, Relawan Pendamping TKI Bermasalah
Dicari, Relawan Pendamping TKI Bermasalah
JAKARTA -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tengah mempersiapkan tambahan tenaga pendamping dan relawan bagi TKI bermasalah yang berada di negara-negara penempatan, terutama negara yang memiliki banyak kasus TKI seperti Arab Saudi dan Malaysia. Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan, dengan pengalaman dan jaringan yang mereka miliki, diharapkan permasalahan-permasalahan TKI dapat segera terselesaikan.

“Penambahan tenaga pendamping dan relawan ini cukup mendesak karena saat ini jumlahnya masih minim sedangkan permasalahan yang dihadapi para TKI  banyak dan beragam jenisnya,," terang Muhaimin di Kemenakertrans, Jakarta, Rabu (9/11).

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan pembahasan awal dan mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk menambah tenaga pendamping dan tenaga sukarelawan bagi TKI ini.

“Tenaga pendamping itu bertugas  melakukan penyuluhan, bantuan advokasi dan mediasi terhadap kasus-kasus yang dihadapi TKI baik dengan majikan maupun pengadilan setempat. Sedangkan tenaga relawan ini akan membantu kerja tim pendamping agar para TKI bisa segera mendapatkan solusi atas masalah yang dihadapi para TKI,” urainya.

JAKARTA -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tengah mempersiapkan tambahan tenaga pendamping dan relawan bagi TKI bermasalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News