Dicari SBY, Gubernur Riau Ternyata Pulang Kampung

Pimpin Rapat Penanganan Karhutla

Dicari SBY, Gubernur Riau Ternyata Pulang Kampung
Dicari SBY, Gubernur Riau Ternyata Pulang Kampung

jpnn.com - PEKANBARU--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat kecewa dengan ketidakhadiran Gubernur Riau Anas Maamun, saat menggelar rapat terbatas via teleconference antar daerah kemarin. Saat itu Presiden sempat bertanya keberadaan Anas pada Wagub Riau, Arsyad Juliandi Rachman.

Kekecewaan Presiden pun semakin memuncak, ketika Menko Kesra Agung Laksono yang harusnya ikut rapat terbatas, juga tidak hadir. Menilai penanganan kabut asap di Riau berjalan lamban, baik oleh tim yang sudah dibentuk maupun oleh Pemda, hari ini Presiden memutuskan langsung ke Riau untuk memimpin koordinasi penanganan kabut asap yang sudah menjadi status tanggap darurat bencana.

Lalu di mana sebenarnya Gubernur Riau Anas Maamun? ternyata Gubernur yang baru saja dilantik tersebut sedang berada di Rokan Hilir, kampung halamannya.

Anas yang juga mantan Bupati Rohil, Jumat (14/3) malam kemarin melakukan pertemuan dengan Muspida Rohil untuk membahas kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabupaten ini memang menjadi salah satu penyumbang titik api terbesar di Riau.

Usai pertemuan, Annas langsung meninggalkan Kota Bagansiapi-api. Hal ini dilakukannya berkaitan dengan akan tibanya Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kota Pekanbaru, yang dijadwalkan hari ini Sabtu (15/3).

‘’Mesti berangkat malam ini (kemarin- red) juga, meninggalkan Rohil,’’ jelas Annas Maamun ketika ditanya berkaitan akan tibanya Presiden RI SBY di Pekanbaru.

Namun kepastian akan berangkat langsung ke Pekanbaru atau tidak, Annas menegaskan masih dipertimbangkan. Karena dirinya akan bertemu Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

‘’Saya malam ini berangkat kalau tidak ke Pekanbaru atau ke Kota Dumai. Besok kan Kapolri hadir tengok situasi di Riau. Kalau presiden besok ke Dumai malam ini saya ke Dumai,’’ ujar Gubernur berusia 73 tahun itu.

PEKANBARU--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat kecewa dengan ketidakhadiran Gubernur Riau Anas Maamun, saat menggelar rapat terbatas via teleconference

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News