Diduga Memicu Kecelakaan Lalu Lintas, Fitur Ini Akhirnya Dihapus dari Snapchat

Diduga Memicu Kecelakaan Lalu Lintas, Fitur Ini Akhirnya Dihapus dari Snapchat
Ilustrasi aplikasi Snapchat. Foto: i-Stock

jpnn.com - Mendapat kecaman dari masyarakat, Snap akhirnya memutuskan menghapus fitur filter kecepatan atau "speed filter" di aplikasinya.

Sejak diperkenalkan pada 2013 lalu, filter video itu membuat pengguna Snapchat memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi dengan tujuan pamer di media sosial.

Filter tersebut mengizinkan pengguna menangkap berapa kecepatan kendaraan kemudian membagikannya ke pengikut mereka di Snapchat.

Perusahaan pengembang aplikasi pesan foto itu pun berulang kali dituntut orang-orang yang anggota keluarnya celaka atau meninggal karena kebut-kebutan demi filter tersebut.

Juru bicara Snapchat mengatakan aplikasi tersebut jarang digunakan para Snapchatter sehingga mereka menghapus filter tersebut.

Snapchat mulai menghapus filter kecepatan pada pekan ini, tetapi untuk mencapai seluruh pengguna membutuhkan waktu beberapa minggu lagi, sampai akhirnya filter tersebut hilang dari peredaran.

Sejak 2015 sampai 2017, terjadi sejumlah kecelakaan di Amerika Serikat yang melibatkan filter "ngebut" itu.

Lima orang meninggal di dunia akibat kebut-kebutan di Florida pada 2016 lalu, dikabarkan korban menggunakan filter tersebut.

Mendapat kecaman dari masyarakat, Snap akhirnya memutuskan menghapus fitur filter kecepatan atau "speed filter" di aplikasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News