Dinilai Mendapat Sinyal Dukungan dari Jokowi, Erick Thohir Menguat sebagai Cawapres

Dinilai Mendapat Sinyal Dukungan dari Jokowi, Erick Thohir Menguat sebagai Cawapres
Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dok: Tim media Erick Thohir.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mendapat sinyal dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024. 

Kode sinyal dari oleh orang nomor satu di Indonesia itu dinilai kerap dilakukan ketika didampingi Erick Thohir dalam berbagai tugas kenegaraan.

Direktur Eksekutif Ethical Politics Hasyibulloh Mulyawan menilai hal itu membuat nama Erick Thohir muncul di bursa cawapres. 

Elektabilitas ketua umum PSSI ini bahkan unggul dibandingkan lainnya.

"Sisi komunikasi politik yang ditampilkan Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan kepada Erick Thohir tidak ada penolakan, sehingga namanya (Erick) muncul sebagai cawapres," kata Mulyawan dalam keterangannya, Minggu (8/10).

Dari hasil survei Poltracking Indonesia periode 3-9 September 2023, Erick Thohir menduduki posisi teratas dengan hasil 19,0 persen dalam simulasi 10 nama. Erick mengungguli Menparekraf Sandiaga Uno yang berada di posisi kedua, dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menempati tempat ketiga. Adapun hubungan Erick Thohir dengan Jokowi sangat dekat dan baik. Dalam beberapa kesempatan, Erick Thohir diberikan tugas penting untuk menangani berbagai persoalan masyarakat.

Salah satu persoalan yang tengah dihadapi oleh Indonesia utama adalah kemiskinan, ketidaksetaraan ekonomi, akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan yang terbatas, dan pengangguran. Untuk menyelesaikan hal tersebut, Erick Thohir berusaha penuh untuk mengambil langkah-langkah yang tepat.

Seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat, Erick Thohir sangat gencar mempromosikan program-program yang mendukung pelaku UMKM.

Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres untuk Pilpres 2024 terus menguat. Elektabilitas Erick unggul dibanding kandidat lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News