Dirut Pertamina Tidak Harus Orang Migas

Menteri BUMN soal Pengganti Arie H Soemarno

Dirut Pertamina Tidak Harus Orang Migas
Dirut Pertamina Tidak Harus Orang Migas
JAKARTA - Keputusan tentang siapa yang bakal menggantikan Dirut Pertamina Ari H. Soemarno kini ada di tangan Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden SBY. Meski sejumlah kalangan minta calon internal lebih diprioritaskan, calon dari eksternal Pertamina tetap punya peluang.

Menteri BUMN Sofyan Djalil menegaskan, untuk mengurusi Pertamina, yang paling penting adalah penguasaan aspek manajerial. ''Jadi, tidak harus punya background migas,'' ujarnya di Kantor Kementerian BUMN tadi malam (2/2).

Bahkan, lanjut Sofyan, beberapa perusahaan migas dunia tidak selalu dipimpin orang-orang yang berlatar belakang pendidikan atau pekerjaan dari sektor migas. ''Sebab, ini lebih pada fungsi manajerialnya,'' katanya.

Selama ini, nama dari eksternal yang beredar meramaikan bursa Dirut Pertamina, antara lain, Kuntoro Mangkusubroto (mantan Mentamben), Erry Ryana Hardjapamekas (mantan Dirut PT Timah dan mantan Wakil Ketua KPK), serta Gita Wirjawan (mantan senior VP JP Morgan Indonesia).

JAKARTA - Keputusan tentang siapa yang bakal menggantikan Dirut Pertamina Ari H. Soemarno kini ada di tangan Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News