Disiapkan Pesawat Khusus Jemput TKI Telantar

Disiapkan Pesawat Khusus Jemput TKI Telantar
Disiapkan Pesawat Khusus Jemput TKI Telantar
JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menerangkan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan menyiapkan pesawat khusus untuk pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terlantar di Arab Saudi.

Pada awalnya, lanjut Muhaimin, pemerintah sempat ingin menggunakan kapal laut yang  berkapasitas 1000 orang. Namun, kapal yang diprediksikan akan memakan biaya Rp 14 miliar per kapal tersebut dinilai sangat tidak efisien. Pasalnya, lama perjalanan yang harus ditempuh oleh kapal tersebut adalah selama 34 hari.

“Jadi kalau bolak-balik memakan waktu 68 hari. Ini sangat tidak efisien dan tidak efektif. Jadi kita memutuskan untuk menggunakan pesawat saja,” ungkap Muhaimin di sela rapat kerja gabungan bersama Tim Khusus Penangangan TKI,,Kemenlu dan Kemenkumham di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/1) malam.

Ketika ditanya mengenai besaran anggaran yang akan dikeluarkan oleh pemerintah untuk penggunaan pesawat khusus ini, Muhaimin enggan untuk menyebutkan nilainya. Ia mengatakan, hal ini masih dibahas dengan beberapa pihak terkait dan belum ada rencana kerjasama dengan pihak maskapai. “Nilainya kami belum bisa menyebutkan. Nanti saja, ini juga masih dibahas lagi.Yang terpenting kita telah memutuskan untuk menggunakan pesawat,” kilahnya.

JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menerangkan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News