Dispora DKI Dukung Kebijakan Menpora Terapkan Senam Jadi Olahraga Wajib di Sekolah

Dispora DKI Dukung Kebijakan Menpora Terapkan Senam Jadi Olahraga Wajib di Sekolah
Menpora Dito Ariotedjo. Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov DKI Jakarta siap mendukung kebijakan Menpora Dito Ariotedjo menjadikan senam atau gimnastik menjadi olahraga wajib di sekolah.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta Tedi Cahyono mengatakan, Dispora DKI Jakarta menyambut baik dan siap mendukung penerapan kebijakan tersebut di sekolah yang ada di wilayah Kota Jakarta.

"Kami sangat mendukung kebijakan ini, karena senam merupakan olahraga yang mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk di sekolah," kata Tedi Cahyono, Sabtu (8/7).

Tedi menambahkan, jika olahraga senam dilakukan dengan teratur dan terukur, maka dapat meningkatkan komponen utama kebugaran para pelajar. Seperti daya tahan aerobik, kekuatan, fleksibilitas, koordinasi dan lain-lain.

Di samping itu, kata Tedi, sekolah dapat menjadi wadah sekaligus motor utama dalam menggerakkan dan mengarahkan para pelajar, khususnya usia dini, untuk mempunyai pola pikir (mindset) membudayakan olahraga sebagai sebuah gaya hidup (lifestyle) yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk menerapkan kebijakan tersebut, Tedi mengatakan, Pemerintah perlu bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berolahraga, termasuk di sekolah-sekolah.

"Kesadaran masyarakat untuk berolahraga memberikan kontribusi dalam pembangunan individu dan masyarakat yang cerdas, sehat, terampil, tangguh, kompetitif, sejahtera, dan bermartabat," ujar Tedi.

Menurut Tedi, langkah yang akan dilakukan Dispora DKI Jakarta sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan tersebut adalah dengan mengadakan program penyediaan instruktur senam yang bersertifikasi. Instruktur senam ini akan menjadi duta senam yang bertugas mengedukasi gerakan dasar dan mengimprovisasi gerakan dari berbagai jenis senam yang ada.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov DKI Jakarta siap mendukung kebijakan Menpora Dito Ariotedjo menjadikan senam menjadi olahraga wajib di sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News