Ditemukan Dua Bulan Baru Mengorbit Jupiter

Ditemukan Dua Bulan Baru Mengorbit Jupiter
Ditemukan Dua Bulan Baru Mengorbit Jupiter
PASADENA - Para ilmuwan kembali menemukan dua buah bulan baru yang mengorbit Planet Jupiter. Penemuan ini sekaligus membuat planet raksasa yang dipenuhi hidrogen tersebut memiliki 67 objek angkasa (satelit) yang mengelilinginya.

Bulan pertama yang diberi nama S/2010 J1 ditemukan para astronom NASA Jet Propulsion Laboratory dan dari University of British Columbia, pada 7-8 September 2010 menggunakan Hale Telescope di Palomar Observatory. Sementara satelit kedua, S/2010 J2, ditemukan pada 8 September 2010.

Kedua satelit baru ini berukuran kecil, hanya berdiameter dua kilometer, salah satu bulan terkecil yang dimiliki Jupiter. Pada makalah yang dipublikasikan ilmuwan di Astronomical Journal seperti dilansir Dailymail, Selasa (12/6), kedua bulan baru milik Jupiter itu pertama kali ditemukan ketika sedang mengadakan observasi rutin pada planet itu pada 2010.

"Ini menarik untuk menyadari bahwa S/2010 J 2 adalah bulan terkecil di tata surya yang ditemukan dan berhasil dilacak dari bumi," ujar Mike Alexandersen, peneliti dari University of British Columbia.

PASADENA - Para ilmuwan kembali menemukan dua buah bulan baru yang mengorbit Planet Jupiter. Penemuan ini sekaligus membuat planet raksasa yang dipenuhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News