Ditemukan Lokasi Pembuatan Senjata Zaman Kerajaan, Ada Patung Lelaki Memegang Janggut

Rabu, 09 Juni 2021 – 11:56 WIB
Ditemukan Lokasi Pembuatan Senjata Zaman Kerajaan, Ada Patung Lelaki Memegang Janggut - JPNN.com
Tim Cagar Budaya Disdikbud Kabupaten Karanganyar meneliti susunan batu yang diduga cagar budaya di kompleks Candi Ceto Jenawi, kemarin (8/6). Foto: RUDI HARTONO/RADAR SOLO

jpnn.com, KARANGANYAR - Benda diduga cagar budaya ditemukan di kompleks Candi Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Benda itu terdiri dari batu yoni dan struktur batu yang digunakan untuk membuat persenjataan di zaman kerajaan.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Karanganyar Sawaldi mengungkapkan pihaknya juga menemukan lingga di sekitar Candi Ceto dan patung berbentuk tubuh seorang laki–laki yang duduk dengan memegang janggut, serta pengawalnya yang sedang membawa ikan.

”Lokasinya di situs Candi Pande–Pande dan Candi Pawong. Pande–Pande itu nampaknya untuk lokasi pembuatan persenjataan pada zaman kerajaan. Kalau untuk pawon itu untuk memasak sejumlah pengawal kerajaan,” ucap Sawaldi dilansir dari Radar Solo, Rabu (9/6).

Sedangkan lingga yoni dan seorang kakek dengan memegang jenggot serta pengawalnya diduga merupakan bangunan kolam kerajaan yang berdekatan dengan tempat pemujaan atau berdoa.

”Temuan Lingga Yoni itu ada di satu kompleks, lokasinya bersaf. Untuk yang lingga dengan bentuk kelamin pria itu ada di saf ketiga, kemungkinan memang dahulunya sebagai tempat untuk berdoa,” ucap Sawaldi.

Setelah dilakukan kajian, pihaknya akan melakukan pendataan untuk nantinya ditindak lanjuti. Karena beberapa benda diduga cagar budaya yang sebelumnya dilaporkan ke pemerintah, saat ini masih menunggu penetapan sebagai cagar budaya.

Sejauh ini total ada 266 benda yang ditemukan, namun belum bisa ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Lantaran terkendala anggaran dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...