Diteror Kawanan Tikus, Ratusan Napi Terpaksa Mengungsi

Diteror Kawanan Tikus, Ratusan Napi Terpaksa Mengungsi
Bangkai tikus, tikus yang menggigit kabel dan merusak plafon menyebabkan Wellington Correctional Centre harus dibersihkan. (ABC Western Plains: Nick Lowther)

Mulai Selasa ini, lebih dari 400 tahanan dan 200 orang petugas telah dipindahkan dari sebuah penjara di negara bagian New South Wales (NSW) ke tempat, karena wabah tikus membahayakan kesehatan mereka.

Penjara Wellington Correctional Centre yang terletak di dekat Dubbo, sekitar 390 km dari ibu kota Sydney merupakan salah satu pusat penahanan terbesar di NSW

Wabah tikus di sana sudah mulai merusak berbagai fasilitas gedung dan dikhawatirkan membahayakan kesehatan para tahanan dan staf yang bekerja di fasilitas tersebut.

Selama 10 hari ke depan penjara akan dibersihkan dari bangkai tikus yang mati, fasilitas yang rusak juga akan diperbaiki dan diperbarui untuk menghindari kemungkinan kejadian serupa di masa depan.

Pihak pengelola penjara, Corrective Services NSW (CSNSW) memperkirakan semua proses perbaikan ini akan memerlukan waktu empat bulan.

Komisioner CSNSW, Peter Severin mengatakan penjara di seluruh kawasan regional NSW akan mulai menerima para tahanan, dimulai dari yang terdekat dengan Wellington. 

"Para napi akan dipindahkan ke berbagai lokasi di seluruh negara bagian tergantung pada klasifikasi mereka," kata Peter.

"Tikus sudah menyerbu penjara dan kerusakan yang terjadi sudah begitu parahnya, sehingga lebih baik memindahkan seluruh penghuni untuk sementara waktu."

Lebih dari 400 tahanan dan 200 orang petugas telah dipindahkan dari sebuah penjara di negara bagian New South Wales

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News