Ditjen Hubdat Hadirkan Kearifan Lokal dalam Pembangunan Terminal Tipe A Cepu

Ditjen Hubdat Hadirkan Kearifan Lokal dalam Pembangunan Terminal Tipe A Cepu
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menghadirkan kearifan lokal dalam pembangunan Terminal Tipe A Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Blora

jpnn.com, BLORA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menghadirkan kearifan lokal dalam pembangunan Terminal Tipe A Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyampaikan dalam konsep new terminal akan hadir sebuah terminal tipe A yang memiliki kearifan lokal sosial budaya.

"Kemudian dilengkapi fasilitas utama, fasilitas penunjang, dan komersil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah," kata Dirjen Hendro saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Terminal Tipe A Cepu.

Dirjen Hendro menyampaikan Terminal Tipe A Cepu akan dioptimalkan fungsinya dengan mengusung konsep 'New Terminal'.

Dia menyampaikan konsep perencanaan terminal dibuat terintegrasi dengan pusat kegiatan masyarakat setempat, seperti perkantoran, pendidikan, dan pemukiman serta mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru wilayah (mixuse).

Pembangunan Terminal Tipe A di Cepu nanti memiliki fungsi tidak hanya menaikkan dan menurunkan penumpang, tapi ada fungsi-fungsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti destinasi kuliner.

"Sehingga terminal ini tumbuh dan hidup," harap Dirjen Hendro.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, Perhubungan (Dinrunkimhub) Blora Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, menyampaikan di wilayahnya terdapat beberapa terminal bus dengan berbagai kualifikasi.

Konsep new terminal akan hadir sebuah terminal tipe A, seperti Terminal Cepu yang memiliki kearifan lokal sosial budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News