Ditjen Perhubungan Laut Beri Penghargaan Kepada Pemda, Operator Kapal & Pelabuhan

Ditjen Perhubungan Laut Beri Penghargaan Kepada Pemda, Operator Kapal & Pelabuhan
Direktur Lalu Lintas dan Angkuran Laut Ditjen Hubla, Capt. Wisnu Handoko. Foto dok Ditjen Hubla Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) memberikan penghargaan kepada Pemerintah daerah (Pemda), operator kapal dan operator pelabuhan.

Mereka dinilai telah berjasa ikut mendorong dan memfasilitasi pelayanan dalam pengembangan program tol laut di Indonesia pada 2020.

Direktur Lalu Lintas dan Angkuran Laut Ditjen Hubla, Capt. Wisnu Handoko mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja, pelayanan dan partisiapasi para pihak, baik operator pelabuhan, kapal serta Pemda dalam pengembangan tol laut.

Terlebih, dalam kondisi pandemi corona, pelayanan Tol Laut tetap beroperasi untuk menjaga kebutuhan akan logistik masyarakat di Tanah Air.

"Peranan Pemda sangat penting terutama dalam mengoptimalisasi ruang muat Kapal Tol Laut untuk mengangkut muatan barang pokok, barang penting dan lainnya yang dibutuhkan di daerahnya," kata Capt. Wisnu usai memberikan penghargaan tersebut.

Capt. Wisnu juga mengatakan selain peran Pemda dalam implementasi program tol laut, peran para pengelolan dan operator kapal juga sangat penting. 

Untuk itu,  pemberian penghargaan kepada pengelola kegiatan dan operator kapal perintis dalam bidang perawatan kapal ini dinilai akan memacu para operator untuk melakukan perawatan kapal dengan baik. 

“Operator kapal perintis juga wajib malaksanakan plan maintenance system agar pemeliharaan kapal negara dapat berjalan baik dan terencana, sekurang-kurangnya 3 bulan sekali operator harus melaporkan kondisi kapal negara yang dioperasikannya agar secara transparan sehingga kami dapat mengetahui pemeliharaan kapal yang dilakukan  oleh para operator kapal negara,” katanya.

Dalam kondisi pandemi corona, pelayanan Tol Laut tetap beroperasi untuk menjaga kebutuhan akan logistik masyarakat di Tanah Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News