Ditjen PSP Kementan Gencarkan Sosialisasi Penggunaan Alsintan

Ditjen PSP Kementan Gencarkan Sosialisasi Penggunaan Alsintan
Ilustrasi alsintan. Foto: Kementan

jpnn.com, SUKABUMI - Kementerian Pertanian (Kementan) berharap semua petani mampu mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Karena itu, diadakan pelatihan dalam pengoperasian alsintan oleh pemerintah bekerja sama dengan dinas pertanian provinsi.

“Pelatihan atau sosialisasi soal alsintan memang penting untuk meningkatan pengetahuan petani,” kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy, Selasa (06/4).

Menurut Sarwo Edhy, dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunan alsintan, petani diharapkan menjadi lebih terbiasa dengan teknologi, sehingga pemanfaatan alat tersebut menjadi maksimal.

"Melalui kegiatan ini, petani bisa lebih optimal menggunakan alsintan, mulai dari olah tanah sampai panen. Belakangan ini Subak di Bali rutin memberikan sosialisasi pentingnya memanfaatkan Alsintan kepada anggota Poktan maupun Gapoktan," ungkap Sarwo Edhy.

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi berikan bimbingan teknik (Bimtek) alsintan kepada 30 kelompok tani.

Bimtek tersebut sebagai upaya peningkatan produksi melalui sarana prasarana dan pertanian.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula rapat Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tersebut, mendapat sambutan baik dari para petani yang merupakan penerima alsintan yang akan diserahkan pada Kamis (2/5/) mendatang.

Kementerian Pertanian (Kementan) berharap semua petani mampu mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News