Ditunggu, Kontribusi 9 Kampus Terbaik di Indonesia dalam Melawan Corona

Ditunggu, Kontribusi 9 Kampus Terbaik di Indonesia dalam Melawan Corona
Anggota Fraksi PAN DPR RI Prof Zainuddin Maliki. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menunggu kontribusi nyata 9 kampus di Indonesia yang masuk peringat terbaik dunia versi Times Higher Education (THE).

Mereka ditunggu kontribusinya dalam penanganan pandemi virus Corona jenis baru COVID-19.

Kesembilan kampus itu adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Semuanya masuk dalam 766 universitas terbaik dari 86 negara. Bahkan tiga universitas dari Indonesia masuk rangking 100 besar, yakni UI peringkat 47, UGM peringkat 72, dan IPB di posisi 77.

Kesembilan perguruan tinggi ini dinilai berdampak besar bagi pembangunan berkelanjutan (SDGs).

"Rangking itu kita syukuri, kita ikut bangga, tetapi euforianya jangan lama-lama karena rakyat kan butuh sumbangan nyata dari perguruan tinggi ini. Dalam menghadapi pandemik Covid-19 kita butuh ventilator, Raisa (Robot Medical Assistant ITS-Airlangga), vaksin, apa yang bisa diberikan?" ucap Prof Zainuddin kepada jpnn.com, Minggu (26/4).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini mendapat informasi bahwa sejumlah kampus sudah berhasil mengembangkan teknologi untuk mendukung kebutuhan peralatan medis yang dibutuhkan menghadapi covid-19.

"UI mengklaim sudah bisa bikin ventilator, UGM bisa, terus Unair itu bisa bikin Raisa, Robot medical assistant ITS-Airlangga. Tetapi yang menggandakan bukan perguruan tinggi. Butuh modal untuk produksinya, bahan bakunya," kata legislator PAN ini.

Ditunggu kontribusi nyata 9 kampus terbaik di Indonesia, dalam upaya melawan pandemi virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News