Divoting KPU, Khofifah Gagal Maju

Divoting KPU, Khofifah Gagal Maju
Divoting KPU, Khofifah Gagal Maju
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akhirnya mencoret pencalonan Khofifah Indarparawansa-Herman S Sumawiredja pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2013. Pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa plus partai-partai nonparlemen itu dianggap tidak memenuhi syarat dukungan.

Keputusan mencoret Khofifah-Herman diambil setelah KPU Jatim menggelar voting dalam pleno yang digelar Minggu (14/7) hingga tengah malam tadi. Dari proses voting, tiga dari lima komisioner KPU Jatim menganggap Khofifah-Herman tak memenuhi syarat.

"Hanya ada satu (komisioner, red) yang menyatakan Khofifah-Herman memenuhi syarat," kata Ketua KPU Jatim Andre Dewanto Achmad dalam jumpa pers di kantornya, Senin (15/7) dini hari.

Lebih lanjut Andre memaparkan, satu komisioner lainnya mengakui keabsahan dukungan Partai Kedaulatan (PK) untuk Khofifah-Herman, sehingga dukungan ganda yang diberikan partai itu untuk pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf dianggap tidak sah. Namun di sisi lain, komisioner yang sama juga mengakui keabsahan dukungan  Partai Persatuan Nahdlatul Ulama Indonesia (PPNUI) untuk Soekarwo-Saifullah.

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akhirnya mencoret pencalonan Khofifah Indarparawansa-Herman S Sumawiredja pada pemilihan Gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News