DMI dan Kemenkes Siapkan Masjid Menjadi Tempat Vaksinasi Covid-19

DMI dan Kemenkes Siapkan Masjid Menjadi Tempat Vaksinasi Covid-19
Warga mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana mengadakan program masjid sebagai tempat vaksinasi Covid-19 secara massal.

Rencana itu diawali dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada 500 orang lansia di Masjid Jami Assa'adah, Sukmajaya, Kota Depok.

Ketua DMI Jusuf Kalla berjanji akan menyiapkan masjid untuk pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

"DMI akan menyiapkan berapa pun masjid yang dibutuhkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tentunya ada kriteria khusus untuk masjid yang bisa dijadikan tempat vaksinasi," kata Jusuf dalam siaran pers, Jumat (9/4).

Mantan wakil presiden itu mengatakan kriteria masjid yang dibutuhkan yaitu halaman dan bangunan yang luas, serta memiliki sarana penunjang lain untuk menggelar vaksinasi.

Pria yang akrab dipanggil JK itu berharap setiap orang dapat mendukung terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Karena istilah untuk Covid-19, tidak ada orang yang sembuh apabila semuanya tidak sembuh, mengingat wabah ini berasal dari dua orang dan sekarang menjadi bencana dunia,” ujar Jusuf.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono juga berencana menambahkan tempat lainnya yang bisa dijadikan pusat vaksinasi Covid-19 seperti sekolah atau gedung institusi lainnya.

DMI dan Kemenkes berencana mengadakan program masjid sebagai tempat vaksinasi Covid-19 secara massal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News