Dokter Ivan Sebut 15 Persen Pasangan Mengalami Gangguan Kesuburan

Dokter Ivan Sebut 15 Persen Pasangan Mengalami Gangguan Kesuburan
Dokter Ivan Rizal Sebut 15 Persen Pasangan Mengalami Gangguan Kesuburan

jpnn.com - JAKARTA -- Dokter kandungan Dr. dr Ivan Rizal Sini SpOG mengatakan bahwa banyak pasangan mengalami gangguan kesuburan

Dokter Ivan yang juga  CEO Morula Indonesia itu mengatakan tercatat sekitar 10 persen sampai 15 persen pasangan di Indonesia kesulitan mendapatkan keturunan. 

Ivan menjelaskan penyebab gangguan kesuburan, antara lain, kualitas sperma dan sel telur. Untuk sperma, berkontribusi 45 persen pada masalah kesuburan. 

Akan tetapi, yang banyak melakukan konsultasi ialah perempuan, padahal permasalahannya pada kualitas sperma laki-laki. 

“Akan tetapi, sekarang mulai berbeda. Banyak pihak laki-laki yang berinisiatif konsultasi ke dokter,” kata Dokter Ivan pada peluncuran Morula IVF di RS Mentari, Kabupaten Tangerang, Minggu (28/8). 

Kemudian, gaya hidup turut berperan dalam memicu gangguan kesuburan. "Gaya hidup seperti merokok, tidur kurang, kurang gerak, dan stres bisa menjadi kombinasi faktor pemicu kesuburan sperma pada laki-laki," ungkapnya. 

Dia menjelaskan sering kali pasangan yang sulit memperoleh keturunan, mendapatkan informasi yang kurang akurat.

Padahal, pasangan yang mengalami gangguan kesuburan membutuhkan pendampingan dari tenaga kesehatan yang tepat, sehingga bisa memperbesar peluang untuk memperoleh keturunan.

Dokter Ivan yang juga CEO Morula Indonesia itu mengatakan tercatat sekitar 10 persen sampai 15 persen pasangan di Indonesia kesulitan mendapatkan keturunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News