JPNN.com

Dokter Pengungkap Wabah Corona Tewas, Amnesty Singgung Pelanggaran HAM di Tiongkok

Jumat, 07 Februari 2020 – 17:04 WIB Dokter Pengungkap Wabah Corona Tewas, Amnesty Singgung Pelanggaran HAM di Tiongkok - JPNN.com
Logo organisasi pegiat HAM Amnesty International. Foto: Amnesty International

jpnn.com - Amnesty International mengaitkan kematian dokter yang pertama mengungkap wabah virus corona dengan pelanggaran HAM di Tiongkok.

“Kasus Li Wenliang adalah pengingat yang tragis tentang bagaimana obsesi pemerintah Tiongkok akan stabilitas mendorong negara ini untuk menekan informasi penting tentang hal-hal yang menjadi kepentingan umum,” kata Direktur Regional Amnesty International untuk Asia Timur, Asia Tenggara, dan Pasifik Nicholas Bequelin, Jumat (7/2).

Li Wenliang sempat diproses polisi Wuhan setelah mencoba mengeluarkan peringatan pertama tentang virus corona. Hari ini dia dikabarkan tewas akibat terjangkit virus tersebut.

Lebih lanjut Nicholas mengatakan Tiongkok harus belajar dari kasus Li dan mengadopsi pendekatan yang humanis dalam memerangi wabah ini.

“Tidak ada yang berhak menghadapi pelecehan atau sanksi karena berbicara tentang kondisi bahaya bagi publik, hanya karena hal itu bisa mempermalukan pemerintah,” ujar dia.

Li Weiliang sempat mengirimkan peringatan kepada sesama petugas medis pada akhir Desember 2019 tentang pasien dengan gejala yang mirip dengan wabah sindrom pernafasan akut (SARS). Tak lama kemudian, dokter itu dihukum oleh pemerintah setempat karena menyebar desas-desus. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...