Dokter Tan Ungkap Bahaya Mengonsumsi Susu Kental Manis, Ternyata

Dokter Tan Ungkap Bahaya Mengonsumsi Susu Kental Manis, Ternyata
Ilustrasi susu kental manis. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat Tan Shot Yen mengungkapkan jenis susu yang bisa menyebabkan diabetes pada anak-anak.

Menurut Tan, kandungan gula yang tinggi dalam susu kental manis (SKM) bisa menyebabkan diabetes.

Hal itu disebabkan kental manis mengandung tambahan gula tinggi dan protein sangat rendah sehingga minim zat gizi bermanfaat.

"45 gram susu kental manis yang diencerkan hingga 150 cc untuk satu kali minum bisa mengandung kurang lebih 20 gram gula," kata dokter Tan dalam siaran persnya, baru-baru ini.

World Health Organization (WHO) telah menekankan konsumsi gula pada orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 25 gram dalam sehari.

Tan mengatakan SKM tetap membahayakan tubuh meski hanya digunakan sebagai topping, pelengkap, atau campuran pada makanan maupun minuman.

"Fungsi susu kental manis cuma buat ramai-ramai saja. Jadi, ngeri apabila makanan ini dianggap lumrah walaupun tidak dipakai untuk bikin susu (diseduh)," ujarnya.

Dia menyampaikan konsumsi SKM dalam jangka panjang dan rutin bisa menyebabkan anak-anak mengalami obesitas dan diabetes. Ini karena tingginya kadar gula yang terkandung dalam SKM.

Dokter Tan Shot Yen selaku ahli gizi masyarakat mengungkapkan jenis susu yang bisa menyebabkan diabetes pada anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News