Dongeng Ternyata Bisa Mencegah Stunting, Simak Penjelasan Para Pakar 

Dongeng Ternyata Bisa Mencegah Stunting, Simak Penjelasan Para Pakar 
Kepala Bidang Dinas PPAPP DKI Jakarta Ibnu Sholeh dan Rektor Universitas Yarsi Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. Foto tangkapan layar YouTube Yarsi TV

jpnn.com - Bercerita atau mendongeng saat Ibu memberikan makan kepada anak bisa meningkatkan nafsu makan buah hati. Wakil Rektor III Universitas Yarsi Dr. Octaviani Indrasari Ranakusuma, M.Si.,P.si mengatakan melalui dongeng, Ibu bisa menyampaikan manfaat bahan-bahan makanan untuk tubuh. 

"Praktik ini bisa meningkatkan kesadaran anak tentang pentingnya makan dengan gizi seimbang (mindful eating), terutama konsumsi sayur dan buah yang masih rendah di kalangan anak dan remaja," terang Octaviani Indrasari dalam webinar Melalui Dongeng Pemberian Makan Gizi Seimbang kepada Batita Menjadi Menyenangkan, Selasa (27/9).

Pendongeng Ridho Pratama dalam paparannya mengingatkan para orang tua saat mendongeng atau bercerita jangan terburu-buru. Lakukan dengan tenang, improvisasi, jangan melakukan sindiran atau ceramah, harus fun. Kemudian, saat mengakhiri cerita ada pesan moral tanpa terkesan menggurui. 

“Jangan lupa berikan reward berupa pujian kepada anak-anak bunda,” pesan Ridho.

Psikolog Universitas Yarsi Zulfa Febriani menyebutkan ada beberapa makanan perlu dikenalkan kepada anak, yakni, ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Kemudian, saat usia 6 bulan, ASI harus didampingi beragam makanan (MPASI) bernutrisi, aman, dan cukup tanpa diberi tambahan gula dan garam.

"Dengan itu, tumbuh kembang anak akan lebih baik," ujar Zulfa.

Kepala Bidang Dinas PPAPP DKI Jakarta Ibnu Sholeh ikut menyampaikan pendapatnya. Dinas PPAPP DKI merasa terbantu dengan peran perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan gizi anak. Lewat webinar ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas keluarga. Salah satunya dalam rangka pemberian gizi seimbang.

“Kegiatan mendongeng  hampir jarang dilakukan, padahal mendongeng memiliki peran strategis dalam pengasuhan,” tambah Ibnu.

Para pakar gizi, psikolog, pendongeng berbicara mengenai manfaat dongeng dalam mencegah stunting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News