Dongkrak APK Pendidikan Tinggi, UT Serang Targetkan 28 Ribu Mahasiswa

Dongkrak APK Pendidikan Tinggi, UT Serang Targetkan 28 Ribu Mahasiswa
Direktur UT Serang Dr Maman Rumanta dan Wakil Rektor Bidang Akademik UT Dr Mohamad Yunus . Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Universitas Terbuka (UT) Serang, Banten, menargetkan menggaet 28 ribu mahasiswa. Target ini berkaitan dengan permintaan Menristekdikti Mohamad Nasir agar ada sejuta mahasiswa di UT.

Dengan sejuta mahasiswa, otomatis mendongkrak angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi yang saat ini masih berkutat di angka 31 persen.

Direktur UT Serang Dr Maman Rumanta mengatakan, sejak berdiri di tahun 1990, mahasiswanya didominasi tenaga guru. Alhasil warga Serang khususnya dan Banten umumnya beranggapan UT adalah Universitas Keguruan.

Barulah dua tahun terakhir, image UT sebagai perguruan tinggi swasta dan Universitas Keguruan mulai bergeser. Walaupun dari sisi persentase, mahasiwa pendidikan dasar (pendas) saat ini masih di angka 6.000 orang. Sedangkan non pendas 3.000 orang.

"Karena UT Serang diminta untuk ikut meningkatkan APK nasional, kami menargetkan 28 ribu mahasiswa yang bisa kuliah di UT. Saat ini mahasiswa kami yang aktif 13 ribu orang. Yang aktif dan mendaftar Sembilan ribu orang," terang Maman usai upacara penyerahan ijazah kepada 490 wisudawan UT Serang di Kampus UT, Pondok Cabe, Sabtu (27/7).

Dongkrak APK Pendidikan Tinggi, UT Serang Targetkan 28 Ribu Mahasiswa

Wisudawan UT Serang didominasi guru. Foto: Mesya/JPNN.com

Untuk mencapai target 28 ribu mahasiswa, lanjutnya, UT Serang gencar melakukan kerja sama dengan Polri, Polda, Kemenkumham, Kemendes, dan seluruh kab/kota di Banten.

Universitas Terbuka alias UT Serang berdiri di tahun 1990, mahasiswanya didominasi tenaga guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News