Dongkrak Harga, Menperin Minta Pejabat dan Karyawannya Beli Tomat Lokal

Dongkrak Harga, Menperin Minta Pejabat dan Karyawannya Beli Tomat Lokal
Saleh Husin. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mencanangkan beli tomat lokal kepada pejabat dan karyawan Kemenperin pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, Senin (17/8) tadi. 

Mengawali inisiasi tersebut, kemenperin mendatangkan dua ton tomat segar milik petani. Bahkan, kementrian langsung menghadirkan petani menjual hasil panennya di lobi Kemenperin. 

Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap petani tomat yang sedang mengalami kerugian karena harga jual yang anjlok hingga Rp200 per kilogram. 

Harga tomat dalam penjualan langsung tersebut berkisar antara Rp4.000 - Rp5.000 per kilogram, disesuaikan dengan harga tomat yang berlaku di pasar-pasar induk.‎                  

"Saya mengharapkan, kegiatan bazaar tomat ini dapat segera menstabilkan harga tomat sehingga membantu kesejahteraan para petaninya," kata Menperin. 

Kegiatan ini juga dilakukan di Kementerian Perdagangan dan Kementerian Kesehatan.

Di samping itu, pemerintah melalui beberapa kementerian terkait juga sudah berkoordinasi untuk mengambil langkah-langkah strategis membantu petani agar harga tomat dapat membaik kembali. 

Langkah jangka panjang yang telah ditentukan adalah meminta industri makanan dan minuman untuk melakukan komitmen kerja sama dengan membeli tomat dari petani.

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mencanangkan beli tomat lokal kepada pejabat dan karyawan Kemenperin pada peringatan Hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News