JPNN.com

Doni Monardo Beberkan Peran Jokowi dalam Penanganan Bencana

Rabu, 03 Maret 2021 – 19:01 WIB
Doni Monardo Beberkan Peran Jokowi dalam Penanganan Bencana - JPNN.com
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan peran Presiden Joko Widodo dalam penanganan dan pencegahan bencana alam di Indonesia.

Doni menilai pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tidak tinggal diam.

Doni mengatakan, dalam Rakornas BNPB pada 2020 tahun lalu, Presiden Jokowi menekankan seluruh instansi pemerintah, TNI dan Polri, dan pemerintah daerah bersinergi untuk melakukan berbagai upaya pencegahan, mitigasi dan kesiap-siagaan.

"Termasuk di dalamnya perencanaan pembangunan yang berlandaskan pengurangan risiko bencana, pelibatan pakar untuk memprediksi ancaman, memperkuat sistem peringatan dini, menyusun rencana kontijensi dan edukasi serta pelatihan kebencanaan," kata Doni dalam dalam acara Rakornas BNPB di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (3/3).

Doni mengatakan, pihaknya terus menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi itu. Termasuk melakukan pendekatan kolaborasi pentahelix, antara pemerintah bersama dengan akademisi, pengusaha, komunitas, sukarelawan, dan media.

Hal itu bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan mulai dari tingkat individu, keluarga, dan masyarakat.

"Literasi kebencanaan sejak dini senantiasa kami perkuat dalam setiap kesempatan. Kemudian pada pemerintah dan juga pemerintah daerah," kata dia. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...