DPD RI Nilai Pemilu Serentak 2019 Berhasil

DPD RI Nilai Pemilu Serentak 2019 Berhasil
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang bersama Mendagri, BIN, TNI dan Polri sebelum rapat kerja di Ruang Rapat GBHN Nusantara V Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (7/5). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - DPD RI menilai pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 berhasil, tertib, aman dan damai dengan berbagai catatan untuk melakukan evaluasi regulasi agar pelaksanaan pemilu ke depan lebih baik. Selain itu, DPD RI juga mengajak kepada semua pihak agar menghormati instrumen-instrumen hukum dan konstitusi yang dianut negara kita.

Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja Pimpinan DPD RI, Komite I DPD RI dengan Kemendagri, Kemenkumham, Kejagung, BIN, TNI dan Polri di Ruang Rapat GBHN Nusantara V Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (7/5/2019).

BACA JUGA: Mardani: Pak Presiden, Tidak Cukup dengan Berucap Turut Berdukacita

“Kita harus apresiasi bahwa pelaksanaan pemilu paling rumit dan terbesar di dunia yang baru kita laksanakan ini kita nilai berhasil,” Ketua DPD RI Oesman Sapta saat memberikan keterangan persnya.

Selain itu, OSO menilai pemilu serentak 2019 juga berjalan tertib, aman, lancar dengan berbagai catatan dan evaluasi. Penyelenggara Pemilu KPU, Bawaslu, DKPP sudah menjalankan tugas dengan baik tanpa ada intervensi sedikit pun dari pemerintah.

“Jadi saya minta jangan ada pihak-pihak mencoba melakukan kebohongan yang berusaha mendelegitimasi kinerja penyelenggara pemilu, semua pihak harus menahan diri hingga tanggal 22 Mei 2019,” ucap Senator asal Kalimantan Barat ini.

Hadir dalam Rapat Kerja Evaluasi Pemilu Serentak 2019 tersebut Ketua DPD RI Oesman Sapta, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Akhmad Muqowam. Hadir pula Pimpinan Komite I DPD RI Benny Rhamdani, Fahira Idris, Fachrul Razi. Selain itu, Mendagri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian, Wakil Kepala BIN teddy Lhaksamana, Asisten Jaksa Agung Asep Nana Mulyana, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Jhoni Ginting, serta anggota Komite I DPD RI.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Komite I Benny Rhamdani menyatakan penyelenggaraan Pemilu telah dilaksanakan secara independen, tidak ada intervensi dari Pemerintah maupun aparatur penegak hukum (TNI/POLRI) dan BIN. Meskipun pemilu paling rumit yang pernah diadakan di Indonesia ini dianggap berhasil namun perlu dilakukan evaluasi terhadap hal-hal yang dianggap belum optimal dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 khususnya mempertimbangkan kembali ketentuan serentak.

DPD RI menilai pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 berhasil, tertib, aman dan damai dengan berbagai catatan untuk melakukan evaluasi regulasi agar pelaksanaan pemilu ke depan lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News