JPNN.com

DPR Apresiasi Partisipasi Pemilih Pilkada 2020, Mengungguli Pemilu AS dan Korsel

Kamis, 21 Januari 2021 – 17:47 WIB
DPR Apresiasi Partisipasi Pemilih Pilkada 2020, Mengungguli Pemilu AS dan Korsel - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2020.

Doli memberi apresiasi karena menurutnya Pilkada 2020 berjalan aman dengan partisipasi pemilih yang tinggi.

"Komisi II DPR menyampaikan ucapan terima kasih kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, partai politik, pasangan calon kepala daerah dan Kepolisian Republik Indonesia," ujar Doli pada Rapat Kerja bersama Mendagri, dan Rapat Dengar Pendapat dengan KPU, Bawaslu dan DKPP, Selasa (19/1).

Doli juga menyatakan apresiasi luar biasa kepada Kejaksaan, TNI, Satgas Penanganan COVID-19 dan seluruh masyarakat yang telah ikut berperan dan berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya Pilkada serentak 2020.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menyatakan tingkat partisipasi pemilih Pilkada 2020 mencapai 76,09 persen atau mendekati target 77,5 persen yang ditetapkan oleh KPU.

Angka partisipasi pemilih Itu naik 7,03 persen dari pemilihan 2015 dengan jumlah 269 daerah yaitu 69,06 persen. "Saya kira cukup baik karena angka ini mendekati target dan melampaui partisipasi pemilih Pilkada 2015," ucapnya.

Menurut Tito, Indonesia mendapat pujian atas keberhasilan penyelenggaraan Pilkada 2020 dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim.

"Mereka menyampaikan selamat kepada Indonesia, karena selain tertib saat pemungutan suara, kampanye juga, voters turn out ini luar biasa bagi mereka. Sebab mereka saja belum bisa mencapai itu dan itu pun masih banyak ekornya," kata Tito.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...