DPR Beri Apresiasi untuk Kinerja Kemensos dengan Tambahan Anggaran

DPR Beri Apresiasi untuk Kinerja Kemensos dengan Tambahan Anggaran
Menteri Sosial Juliari Batubara. Foto: dari Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (24/6) tak hanya untuk membahas pagu indikatif untuk tahun depan.

Sebab, rapat kerja itu juga menjadi ajang untuk memberikan apresiasi terhadap Kementerian Sosial (Kemensos).

Dalam rapat kerja itu Komisi VIII menyetujui usul tambahan anggaran untuk Pagu Indikatif Kementerian Sosial TA 2021 sebesar Rp 62,024 triliun. Dengan demikian anggaran untuk Kemensos tahun depan menjadi Rp 91,911 triliun.

Mensos Juliari menyatakan bahwa dari Rp 59,039 triliun anggaran Kemensos 2019, yang sudah terealisasi sebesar Rp 57,726 triliun. “Telah mencapai realisasi 97,78 persen atau nomor satu dari lima kementerian/lembaga dengan anggaran terbesar,” katanya di hadapan rapat yang dipimpin Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto itu.

Hadir mendampingi Mensos adalah Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras dan para pejabat eselon satu lainnya. Agenda raker itu ada tiga, yakni Evaluasi Pelaksanaan APBN 2019, Kinerja TA 2020 dan Penanganan Covid -19, serta  penyampaian Rencana Kerja Anggaran K/L 2021.

Pada kesempatan itu Mensos Juliari mengusulkan tambahan anggaran dari Pagu Indikatif Kementerian Sosial  TA  2021 sebesar Rp 62,024 triliun. "Kami juga  mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp4,078 triliun.

“Di mana rencana penggunaannya di antaranya untuk program perlindungan sosial sebesar Rp 3,360 triliun, dan juga peningkatan kualitas data. Serta untuk tambahan kepesertaan PKH (Program Keluarga Harapan, red) dan Program Sembako yang seluruhnya menjadi Rp 91, 911 triliun,” katanya.

Untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, Kemensos masih memandang penting upaya membantu masyarakat miskin melalui bantuan sosial regular pada tahun depan. Bentuknya adalah PKH dan Program Sembako (BPNT).

Rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (24/6) menjadi ajang apresiasi untuk kinerja Kemensos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News