DPR Dorong Kedepankan Kepentingan Nasional

DPR Dorong Kedepankan Kepentingan Nasional
DPR Dorong Kedepankan Kepentingan Nasional
JAKARTA - Direktur Center for Indonesia Telecommunications Regulation Study (CITRUS), Asmiati Rasyid memastikan layanan data wireless akan menjadi primadona industri selular pada tahun 2012. Hal itu ditandai dengan turunnya pendapatan seluruh operator dari sisi layanan Short Message Service (SMS) dan voice karena data akan menjadi revenue generator yang signifikan bagi operator.

Asmiati menjelaskan meskipun akan menjadi primadona, layanan data wireless menemui kendala karena adanya keterbatasan spektrum frekuensi akibat okupansi sudah mendekati puncaknya. Kata dia, kondisi ini diperparah terjadinya perebutan frekuensi 3G sesama operator.

Perebutan frekuensi 3G yang dimaksud Asmiati adalah Telkomsel dan Axis. Ia mengatakan kisruh yang sudah ditangani Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terjadi karena adanya perebutan untuk layanan data.

"Ini akan berdampak terhadap eksistensi operator. Jika KPPU memutuskan pembagian kanal harus dibagi rata karena persamaan hak, maka  hal ini akan berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis data Telkomsel. Dengan pelanggan lebih dari 105 juta, maka konektivitas dan bandwith akan sesak. Secara otomatis konsumen tidak nyaman," kata Asmiati pada seminar Pertarungan Telko 2012, Tantangan dan Hambatanya di Jakarta Media Center, Jakarta.

JAKARTA - Direktur Center for Indonesia Telecommunications Regulation Study (CITRUS), Asmiati Rasyid memastikan layanan data wireless akan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News