DPR Dorong Pemerintah Perkuat Diplomasi untuk Perdamaian di Timteng

DPR Dorong Pemerintah Perkuat Diplomasi untuk Perdamaian di Timteng
Warga Palestina duduk di tenda darurat di tengah puing-puing rumah mereka yang dihancurkan oleh serangan udara Israel selama pertempuran Israel-Hamas di Gaza, Minggu (23/5/2021). Foto: REUTERS/Mohammed Salem/RWA/sa

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Helmy Faishal Zaini mengingatkan pemerintah Indonesia konsisten mendorong pendekatan diplomasi untuk perdamaian di Timur Tengah. Kerja sama yang makin kuat pengan negara-negara lain juga penting untuk mengatasi dampak konflik geopolitik terhadap kondis di Tanah Air.

Anggota Komisi I DPR Helmy Faishal Zaini mengatakan sejauh ini, konflik di Timur Tengah telah memengaruhi stabilitas ekonomi global. 

Kondisi itu bisa berdampak negatif pada ekonomi Indonesia, memperburuk kondisi sosial dan keamanan.

“Untuk menjaga agar konflik geopolitik di Timur Tengah tidak mempengaruhi kondisi keamanan di Indonesia, pemerintah perlu mengambil pendekatan diplomasi yang kuat dengan mempromosikan perdamaian dan menekankan pentingnya dialog multilateral,” kata Helmy.

Menurutnya, pemerintah harus waspada terhadap kondisi yang terjadi di Timur Tengah, terutama terkait dengan dampak ekonomi, seperti fluktuasi harga minyak dan gangguan perdagangan, yang biaa mempengaruhi stabilitas ekonomi Indonesia. 

“Dengan memperkuat kerja sama internasional, meningkatkan keamanan domestik, dan memperkuat resiliensi ekonomi, Indonesia dapat mengurangi dampak negatif dari konflik di Timur Tengah,” usar dia.

Sedangkan anggota DPR Muhammad Farhan mengatakan pemerintah perlu menjaga hubungan yang kuat dengan negara-negara sahabat di Timur Tengah. 

“Jangan tunjukkan niat atau sikap seolah ingin menjalin hubungan diplomasi dengan Israel. Sehingga Indonesia tetap dihormati sebagai negara yang konsisten.”

Pemerintah harus waspada terhadap kondisi yang terjadi di Timur Tengah, terutama terkait dengan dampak ekonomi, seperti fluktuasi harga minyak dan gangguan perd

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News