DPR Dorong Peningkatan Kesejahteraan Petani Tebu

DPR Dorong Peningkatan Kesejahteraan Petani Tebu
Dokumentasi - Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani memberi perhatian lebih untuk petani tebu yang terus produktif meski belakangan sering mengalami kerugian.

Menurut Puan, kesejahteraan petani tebu harus dapat terjamin agar produktivitas bahan produksi gula itu juga makin meningkat.

“DPR mendorong realisasi peningkatan kesejahteraan petani tebu agar Indonesia bisa makin cepat mewujudkan swasembada gula,” kata Puan, Rabu (8/6/2022).

Untuk diketahui, kebutuhan gula nasional saat ini mencapai 6 juta ton, namun produksi gula nasional baru mencapai 2,1 juta ton.

Puan mengatakan untuk peningkatan kapasitas produksi gula harus diawali dengan menyejahterakan petani tebu.

“Tingginya kebutuhan gula di dalam negeri diharapkan mampu memacu produktivitas petani tebu sekaligus kesejahteraan mereka. Tidak hanya kuantitas dan kualitas tebu hasil kerja petani yang meningkat, namun kesejahteraan petani tebu juga harus meningkat,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan pun berharap agar kebijakan-kebijakan Pemerintah lebih berpihak bagi petani tebu sebagai pelaku utama swasembada gula.

Dia juga menekankan Pemerintah untuk mengoptimalkan program peningkatan kapasitas petani guna meningkatkan produktivitas tebu dan rendemennya.

Puan mengatakan DPR mendorong realisasi peningkatan kesejahteraan petani tebu agar Indonesia bisa makin cepat mewujudkan swasembada gula.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News