DPR RI Minta Naturalisasi Pemain Timnas Dibatasi

DPR RI Minta Naturalisasi Pemain Timnas Dibatasi
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: Dok. Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Naturalisasi pemain dari luar negeri masih menjadi andalan pembinaan tim nasional sepak bola Indonesia.

Model pembinaan ini dikhawatirkan akan mematikan potensi pemain lokal jika dilakukan terus-menerus dan dalam jangka waktu lama.

“Kami meminta kepada PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia membuat batas waktu penggunaan metode naturalisasi dalam mencetak prestasi sepak bola nasional kita. Jangan sampai model ini digunakan dalam jangka panjang sehingga mematikan masa depan pemain lokal kita,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Rabu (13/3/2024).

Untuk diketahui, saat ini PSSI terus menambah kekuatan tim nasional sepak bola Indonesia dengan pemain naturalisasi.

Terbaru, tiga pemain Belanda yakni Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoet A-Oen dan Tom Haye bersiap mengambil sumpah sebagai WNI.

Bahkan proses pengambilan sumpah Nathan Tjoet A-Oen telah dilakukan di Kanwil Kemenkumham Jakarta Barat, Selasa (11/3/2024) malam.

Huda mengatakan naturalisasi pemain merupakan hal jamak dilakukan di dunia sepak bola. Hanya saja hal itu tidak bisa terus menerus dilakukan tanpa dibarengi dengan keseriusan membina pemain lokal sejak usia dini.

“Kalau mau kita mau buka data saat ini sudah ada lebih dari 40 pemain naturalisasi yang ada di Indonesia. Mereka dulu diberikan status WNI karena dipandang mempunyai kontribusi dalam capaian prestasi sepak bola Indonesia,” ujar Huda.

Naturalisasi pemain dari luar negeri masih menjadi andalan pembinaan tim nasional sepak bola Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News