JPNN.com

DPR Menyepakati Jumlah dan Komposisi AKD, Begini Perinciannya

Jumat, 18 Oktober 2019 – 19:52 WIB DPR Menyepakati Jumlah dan Komposisi AKD, Begini Perinciannya - JPNN.com
Ketua DPR Puan Maharani bersama Wakil Ketua Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rahmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar saat rapat konsultasi pengganti Bamus, Jumat (18/10) di Kompleks Parlemen, Jakarta. Foto: M Kusdharmadi/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani bersama Wakil Ketua Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rahmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar dengan pimpinan sembilan fraksi melakukan rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus), Jumat (18/10), di Kompleks Parlemen, Jakarta. Rapat tertutup itu membahas jumlah dan komposisi anggota pada alat kelengkapan dewan (AKD).

"Dalam rapat yang tadi dipimpin Pak Aziz, kami pimpinan DPR dan fraksi sudah menyetujui komposisi jumlah anggota fraksi-fraksi dan pada komisi-komisi antara 48 sampai 56 anggota,” kata Puan kepada wartawan usai rapat.

Selain itu, lanjut Puan, rapat juga menyetujui komposisi jumlah anggota fraksi pada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yakni 17 orang.

Tidak hanya itu, rapat juga menyetujui keanggotaan Badan Anggaran (Banggar) yang terdiri dari perwakilan daerah pemilihan (dapil), pimpinan fraksi, dan komisi.
Komposisinya adalah perwakilan dapil 80 anggota, pimpinan fraksi sembilan, komisi ada 11. "Jadi, total ada 100 orang," ujar ketua DPP PDI Perjuangan itu.

Puan menambahkan setelah kesepakatan ini, maka rencananya akan digelar Rapat Paripurna DPR Selasa 22 Oktober 2019.

Menurut Puan, agenda rapat itu adalah penetapan jumlah komisi, komposisi anggota dan pimpinan AKD.

"Dalam rapat paripurna yang akan datang akan kami sampaikan kepada publik. Jadi nanti termasuk juga penetapan bidang tugas pimpinan DPR," ujar Puan.(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...