Dua Harimau Sumatera di Ragunan Sempat Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Dua Harimau Sumatera di Ragunan Sempat Positif Covid-19, Begini Kronologinya
Salah satu harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, yang sempat positif Covid-19, Minggu (1/8). Foto: PPID DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Dua harimau Sumatra yang berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, sempat terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan mulanya pada 9 Juli salah satu harimau Sumatera bernama Tino yang berusia sembilan tahun mengalami sakit sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan.

Selanjutnya, dua hari kemudian, satu harimau Sumatera lainnya bernama Hari yang berusia 12 tahun mengalami sakit yang sama dengan Tino.

"Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar Covid-19," kata Suzi dalam keterangan tertulis, Minggu (1/8).

Suzi menambahkan bahwa pihaknya langsung memberikan pengobatan kepada dua harimau tersebut. 

Dalam 10-12 hari, kondisi dua harimau itu sudah membaik dan pulih.

"Kondisi kedua satwa sudah sehat. Nafsu makan sudah kembali normal dan satwa juga sudah kembali aktif," ujar Suzi. (cr1/jpnn)

Dua harimau Sumatra yang berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, sempat terkonfirmasi positif Covid-19, simak selengkapnya.


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News