Dua Kader PAN Bersaing Jadi Cagub Lampung

Dua Kader PAN Bersaing Jadi Cagub Lampung
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Penjaringan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai Amanat Nasional (PAN) bisa mengubah konstelasi politik dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 27 Juni 2018.

Jika selama ini internal PAN cenderung mengarahkan dukungannya kepada pasangan petahana, M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Ridho Berbakti), maka penjaringan terbuka ini bisa mengundang cagub lain untuk mendaftarkan diri.

Bahkan, di internal PAN sendiri, dua petingginya berminat mendaftarkan diri sebagai cagub. Dia adalah Ketua DPW PAN Lampung Bachtiar Basri yang selama ini mengaku hanya ingin menjadi cawagub mendampingi Ridho.

Kader lainnya adalah Pembina Wilayah (Panwil) Lampung DPP PAN Zainudin Hasan. Bupati Lampung Selatan ini mengatakan, tidak menutup kemungkinan dia akan mendaftar ke penjaringan cagub PAN.

”Saya kan sudah jadi bupati. Kecuali, kalau besok rakyat minta saya dilantik jadi gubernur, ya saya pikirkan,” kata Zainudin kepada wartawan usai halal bihalal bersama seluruh kader, pengurus, dan legislator PAN, Minggu (9/7).

Soal skenario Ridho Berbakti Jilid II, Zainudin mengatakan, belum tentu terwujud. Sebab, PAN masih akan melakukan survei popularitas dan elektabilitas sebelum mengusung cagub-cawagub.

Bachtiar, kata dia, juga dapat maju sebagai cagub. Tidak terbatas sebagai cawagub.

”PAN nggak inklusif, tapi partai terbuka. Tapi tentu yang kita utamakan sekarang karena ada dia, masa nggak boleh nyalon? Semua diperbolehkan, monggo (silakan). Yang menentukan pilgub adalah DPP PAN,” ucapnya.

Penjaringan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai Amanat Nasional (PAN) bisa mengubah konstelasi politik dalam Pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News